Kamis, 22 November 2012

KELEMAHAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM


Kelemahan Activity Based Costing systems


Ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh Activity Based Costing systems menurut Carter dan Usry (2002:513), yaitu:

1.   ABC (Activity Based Costing systems) mengharuskan manajer membuat perubahan radikal dalam cara berpikir mereka mengenai biaya.
Cara yang paling berguna untuk memahami logika ABC (Activity Based Costing) systems adalah dengan mengakui bahwa Activity Based Costing memperlakukan semua biaya sebagai biaya variabel, karena ABC (Activity Based Costing) didesain sebagai alat pembuat keputusan strategis dalam jangka panjang.

2.   ABC (Activity Based Costing systems) tidak menunjukkan biaya yang akan dapat dihindari dengan menghentikan suatu produk.
ABC (Activity Based Costing systems) berusaha untuk menunjukkan konsumsi sumber daya dalam jangka panjang dari setiap produk, namun tidak memprediksikan berapa banyak pengeluaran yang akan dipengaruhi oleh keputusan tertentu.

3.   ABC (Activity Based Costing systems) memerlukan usaha pengumpulan data melampaui yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan pelaporan eksternal
Di perusahaan yang memiliki sejarah sukses yang panjang dengan mengandalkan pada perhitungan biaya tradisional, akan sulit untuk meyakinkan manajemen bahwa sistem perhitungan biaya baru dibutuhkan. Solusi bagi masalah ini adalah untuk terus menggunakan sistem tradisional yang selama ini sudah dikenal, dan melakukan eksperimen dengan ABC secara terpisah, dengan cara menggunakannya pertama-tama untuk satu lini produk, satu fasilitas, atau suatu kategori biaya seperti biaya departemen jasa.Kelemahan Activity Based Costing systems
Jika wawasan penting baru diperoleh dari ekperimen tersebut, manajer menjadi yakin bahwa ABC (Activity Based Costing) pantas diterapkan secara luas.

Demikianlah beberapa Kelemahan Activity Based Costing systems, sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar